Penting ! Pendidikan Moral Anak Sejak Dini Dan Cara Menerapkannya

Wednesday, January 6th, 2016 - Parenting
Pendidikan Moral Anak Sejak Dini

Pendidikan Moral Anak Sejak Dini

Nilai moral merupakan landasan utama dalam kehidupan bermasyarakat. Menanamkan nilai moral kepada anak harus dimulai sejak usia dini karena anak memiliki kemampuan yang baik untuk menyerap pengetahuan dari sekitarnya. Pendidikan moral anak sejak dini sangat penting agar anak memiliki fondasi dan karakter yang kuat sehingga dapat bersosialisasi dengan baik di masyarakat.

Pendidikan Moral Anak Sejak Dini

Pendidikan moral tidak harus melalui pendidikan formal seperti disekolah, mengajarkan nilai moral dapat juga dilakukan oleh orang tua. Mengajarkan moral anak adalah tantangan berat yang harus dihadapi orangtua, karena nilai moral merupakan konsep abstrak dan tidak didapat dari buku.

Nilai moral hanya diperoleh dari pengalaman dan nasehat dari orangtua. Pengalaman dan nasehat yang disampaikan orangtua secara konsisten akan mudah diterima dan dimengerti anak.

Agar anak memiliki pribadi yang baik saat mereka dewasa, anak-anak harus memiliki pengetahuan moral yang baik agar mereka memiliki fondasi dan karakter yang kuat dalam menjalani kehidupan nantinya.

Baca Juga : Tips Mengajarkan Anak Sopan Santun

Berikut ini adalah beberapa nilai moral yang bisa anda ajarkan kepada anak anda, yaitu :

1. Jangan Berbohong

Kejujuran merupakan hal paling utama yang harus diajarkan kepada anak, kejujuran sangat penting oleh karena itu beritahu anak bahwa kebongan sekecil apapun adalah salah dan dapat merugikan diri mereka sendiri.

2. Bertanggung Jawab dan Meminta Maaf

Saat anak melakukan kesalahan ajari mereka untuk berani bertanggung jawab dan meminta maaf atas kesalahan tersebut. Beritahu mereka bahwa meminta maaf adalah salah satu cara untuk membayar kesalahan dan  kata maaf juga akan membuatnya lebih dihargai orang lain.

3. Suka Menolong dan Rendah Hati

Hidup harus saling tolong menolong karena kita hidup saling membutuhkan satu dengan yang lain, ajari anak untuk senantiasa membantu orang lain tidak perlu sombong, senantiasa rendah hati dan ringan tangan. Dengan menolong orang lain, orang juga tidak akan segan membantu kita saat kita menghadapi kesusahan.

4. Menghargai Satu Sama Lain

Kenalkan kepada anak bahwa didunia ini tidak semuanya sama, dan perbedaan adalah anugerah dari sang pencipta. Ajarkan kepada anak untuk menghormati dan menghargai setiap perbedaan baik dari segi fisik maupun sudut pandang (pendapat orang lain), karena dengan perbedaan hidup akan lebih indah dan wawasan akan lebih bertambah.

5. Jangan Pernah Menyakiti Orang Lain

Menyakiti orang lain akan berdampak pada status sosialnya, jika dia menyakiti orang lain anak akan dijauhi dari pergaulan. Berikan contoh kepada anak hal apa saja yang dapat menyakiti orang lain dan beritahu juga dampaknya.

6. Jangan Mencuri

Ajarkan anak bahwa mencuri adalah perbuatan tidak terpuji dan merupakan kejahatan yang melawan hukum. Beritahu dia bahwa mencuri juga merugikan orang lain dan dilarang agama.

 

Cara Menerapkannya Pendidikan Moral Anak Sejak Dini

Untuk mengajarkan nilai-nilai moral seperti yang dijelaskan diatas, orang tua dapat menggunakan cara sebagai berikut :

1. Diskusi dan Klarifikasi

Ajak anak berdikusi tentang hal-hal yang dianggap salah atau bertentangan dengan poin-poin diatas, kemudian berikan kesempatan kepada anak untuk mengungkapkan nilai-nilai moral dengan caranya sendiri. Arahkan mereka untuk memberikan alasan kenapa perbuatan itu baik atau buruk, kemudian lakukan koreksi dan klarifikasi dari pendapat mereka, agar pesan yang anda sampaikan dapat diterima dengan baik oleh anak.

2. Cerita atau Dongeng

Mengajarkan nilai moral kepada anak juga bisa menggunakan cerita atau dongeng. Menggunakan Cerita atau Dongeng lebih memudahkan anak memahami dan mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

3. Teladan dan Contoh

Anak memiliki kemampuan untuk belajar dari meniru, oleh karena itu cara yang paling efektif untuk mengajarkan anak adalah dengan memberikan contoh serta teladan kepada mereka. Berikan contoh kepada mereka atas setiap nilai yang anda ajarkan kepada mereka. Figur orangtua sangat penting bagi perkembangan moral anak.

4. Pembiasaan dalam perilaku

Agar nilai-nilai moral dapat tertanam sampai anak dewasa sangat perlu dilakukan pembiasaan dalam perilakunya sehari-hari. Pembiasaan ini membutuhkan konsistensi orangtua dalam mendidik anak menjadi pribadi yang baik.

Demikian beberapa pelajaran moral yang penting untuk anda ajarkan kepada anak anda, serta cara mengajarkannya. Mudah-mudahan kelak anak akan tumbuh menjadi pribadi yang baik dan bermanfaat bagi orang lain..

Penting ! Pendidikan Moral Anak Sejak Dini Dan Cara Menerapkannya | admin | 4.5
Show Buttons
Hide Buttons