Mom, Ayo Kenali Cara Menghindari Gumoh Pada Bayi

Friday, August 5th, 2016 - Bayi, Kesehatan

Cara Menghindari Gumoh Pada Bayi perlu diketahui oleh orangtua pasalnya gumoh yang terjadi pada bayi berbeda dengan muntah lho. Karena gumoh ini cairan yang dikeluarkan dari mulut jumlahnya sedikit sedangkan muntah lebih banyak.

Sehingga dua kejadian tersebut tidak sama, walaupun sama-sama mengeluarkan cairan dari dalam mulut. Pasalnya gumoh ini sering dialami oleh bayi yang berusia 4 bulan. Sebagian besar terjadi hingga 70 persen bayi mengalami gumoh. Namun Anda tidak perlu cemas karena gejala tersebut akan berkurang dengan bertambahnya usia bayi.

Lantas, bagaimana cara mengatasi gumoh pada bayi ini? Yuk, langsung saja kita simak lansirannya dibawah ini.

cara menghindari gumoh pada bayi

Ini cara menghindari gumoh pada bayi

Memberi ASI posisi berbaring

Tahukah Anda memberikan ASI dengan posisi berbaring bukan cara yang tepat untuk menghindari gumoh pada bayi. Justru posisi tersebut bisa menimbulkan resiko bayi gumoh. Nah, untuk menghindari terjadinya bayi gumoh maka langkah yang harus Anda lakukan, yakni menyusui dengan posisi kepala lebih tinggi sedikit dari kaki. Dengan posisi tersebut bayi akan terhindar dari gejala gumoh. Oleh karena itulah agar bayi Anda tidak gumoh hindari posisi menyusui dengan berbaring.

Bca juga : Manfaat ASI untuk anak

Asupan makanan tambahan saat lapar

Perihal yang bisa Anda lakukan untuk menghindari gumoh pada bayi adalah tidak memberikan makanan tambahan saat lapar. Pasalnya pemberian makanan tambahan pada saat kondisi bayi lapar bisa menimbulkan gumoh.  Hal ini disebabkan karena rasa kenyang yang terlalu berlebihan sehingga memicu resiko terjadinya bayi gumoh. Maka dari itu jika bayi Anda lapar jangan pernah memberikan makanan tambahan padanya. Karena jika diberikan yang terjadi bayi akan mengalami gejala gumoh.

Baca Juga : Trik Memberikan Makanan Balita

Kontrol lubang dot

Selain trik diatas untuk menghindari gumoh pada bayi langkah lainnya yang bisa diambil adalah dengan mengontrol lubang dot. Mengapa? karena lubang dot yang terlalu besar bisa menimbulkan udara banyak masuk kedalamnya. Bahkan juga keluarnya air susu dalam dot terlalu lancar. Alhasil karena terlalu lancarnya sehingga bayi gumoh. Oleh karena itulah sebelum Anda memberikan susu dalam dot pada bayi sebaiknya cek lubangnya.

Nah, itulah tadi beberapa cara menghindari gumoh pada bayi yang bisa Anda terapkan. Semoga informasi yang kami bagikan mengenai menghindari gumoh pada bayi bermanfaat.

Mom, Ayo Kenali Cara Menghindari Gumoh Pada Bayi | admin | 4.5
Show Buttons
Hide Buttons