Ketahui 6 Cara Jitu Untuk Menyiapkan Balita Menjadi Kakak

Sunday, November 6th, 2016 - Berita, Keluarga, Parenting
menyiapkan-balita-menjadi-kakak

sibling love

Kehamilah merupakan sebuah berita yang membahagiakan bagi pasangan suami istri dalam berumah tangga. Anak merupakan anugerah yang sangat dinanti-nanti bagi setiap pasangan. Namun bagaimana jika Bunda hamil lagi saat memiliki anak yang masih balita. Karena, kehamilan anak kedua juga akan mempengaruhi psikologi anak pertama. Tidak sedikit anak sulung akan merasa terancam dengan kehadiran adeknya. Mereka cenderung menjadi agresif karena takut kehilangan waktu dan kasih sayang dari orang tuanya, akibatnya anak sulung akan menjadi pencemburu dan merasa kesepian. Sehingga tidak sedikit orang tua yang bingung mencari cara untuk memberitahu dan menyiapkan balita menjadi kakak.
Oleh karena itu untuk menghindari kecemburuan kakak kepada adik barunya, orang tua perlu memperhatikan hal-hal berikut agar si sulung dapat menyesuaikan diri dan siap menyambut adik barunya.

Berikut ini 6 Cara Jitu Untuk Menyiapkan Balita Menjadi Kakak

1. Bangun Komunikasi dan Beritahu Si Sulung

Komunikasi menjadi kunci penting dalam menjalin hubungan, cari waktu yang tepat untuk memberitahu si sulung bahwa sebentar lagi dia akan menjadi seorang kakak. Selain itu perlu juga memberitahu dia bahwa dalam perut bunda ada adik bayi.

 

2. Ajarkan peran seorang kakak

Orang tua juga harus menjelaskan secara sederhana apa itu kakak dan kelebihannya kepada si sulung. Anda juga dapat menggunakan media seperti film, video atau buku cerita yang dapat menjelaskan peran seorang kakak.

 

3. Dekatkan si kecil dengan calon adiknya

Ajak si sulung untuk memegang perut bunda, ini untuk memperkenalkan si sulung dengan calon adiknya. Ajak juga si sulung untuk melihat foto dan video bayi, dan berikan penjelasan kepada si sulung bahwa bayi masih polos belum bisa berjalan jadi harus digendong, bayi hanya bisa menangis belum bisa ngomong dan bayi belum bisa makan berat dan hanya bisa minum susu.

 

4. Ajak si sulung mempersiapka kebutuhan calon adiknya

Libatkan si kecil untuk mempersiapkan segala kebutuhan calon adiknya. Orang tua juga bisa meminta pendapatnya ataupun minta bantuannya untuk memilihkan mainan untuk calon adiknya. Selain itu ajak si Kecil saat memeriksakan kehamilan ke dokter, agar si kecil memiliki kedekatan dengan calon adiknya.

 

5. Berikan tanggung Jawab

Untuk semakin mendekatkan dia dengan calon adiknya, orang tua dapat memberikan si kecil tanggung jawab untuk membantu orang tua menghias kamar tidur calon adiknya. Berikan motivasi kepadanya dengan memberitahu dia bahwa dia adalah seorang kakak yang baik dan bertanggung jawab.

 

6. Menghitung Hari bersama

agar si kecil antusias dalam menyambut calon adiknya, ajak sikecil menghitung hari kelahiran calon adiknya.

 

Menyiapkan Balita Menjadi Kakak membutuhkan kesabaran dan fokus dari orang tua. Dalam menjalankan cara-cara diatas orang tua juga harus tetap flexibel dan tetap harus memberikan kasih sayang kepada si kecil saat mereka belajar menyiapkan mentalnya untuk menyambut calon adiknya

Ketahui 6 Cara Jitu Untuk Menyiapkan Balita Menjadi Kakak | admin | 4.5
Show Buttons
Hide Buttons