Waw, Ini Dia 3 Tips Mengatasi Rasa Takut Anak Saat Ke Dokter

Saturday, August 13th, 2016 - Bayi, Kesehatan, Parenting

Mempelajari cara mengatasi rasa takut anak saat ke dokter sangat penting sekali lho! Karena dokter ini adalah tempat konsultasi yang baik ketika anak mendapat gangguan kesehatan. Jika anak enggan diajak ke dokter pasti akan sulit mencari solusi terbaik untuk mengatasi permasalahan yang dialaminya. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk mempelajari cara mengatasi rasa takut anak ke dokter. Umumnya rasa takut yang timbul pada anak-anak, yaitu karena takut disunstik. Karena pemikiran anak-anak dokter itu identik dengan menyuntik pasiennya. Cara pemikiran yang seperti tersebut harus diubah pada anak-anak Anda. Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Berikut ini lansirannya.

Ini Tips Mengatasi Rasa Takut Anak Saat Ke Dokter

Mengajak bermain dokter-dokteran

Adapun trik yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi rasa takut anak saat ke dokter, yaitu mengajaknya bermain dokter-dokteran. Anda bisa menggunakan peralatan bermain anak sebagai alat dokter. Caranya cukup mudah sekali, yakni dengan Anda menjadi dokternya sedangkan anak sebagai pasien yang akan diperiksa. Langkah selanjutnya adalah Anda melakukan aktivitas saat ada diruang dokter, seperti memeriksa mulut, mengecek peredaran darah dan detak jantung. Dengan hal tersebut maka imajinasi anak akan berubah menjadi bahwa dokter itu tidak menakutkan.

Menemaninya

Salah satu trik mengatasi rasa takut anak saat ke dokter adalah dengan menemaninya. Keberadaan Anda saat anak sedang diperiksa dokter sangatlah dibutuhkan sekali. Kenapa? karena bisa memberikan rasa aman dan nyaman. Nah, untuk itu jangan biarkan anak sendirian saat berada di ruang dokter. Sebaiknya mintalah salah satu anggota keluarga untuk menemaninya jika Anda tidak bisa. Karena pada saat yang mengantar berbincang-bincang dengan dokter. Maka ia akan merasa dokter tersebut adalah teman Anda. Dengan begitu bisa membuat anak nyaman dan rasa ketakutannya hilang.

Menghilangkan rasa takut

Selain hal diatas yang telah dibahas trik mengatasi rasa takut anak saat ke dokter, yaitu dengan menghilangkannya. Caranya yakni dengan menceritakan pengalaman tidak menyenangkan saat pergi ke dokter. Sertakan pula pemahaan didalamnya bahwa tidak semua orang yang berkunjung ke dokter pasti disuntik. Nah, ingat juga jangan sekali-kali mengatakan dokter tidak akan disuntik. Kenapa? karena jika suatu saat anak disuntik maka ia akan merasa dibohongi.

Baca juga : Jenis penyakit yang sering diderita bayi

Demikian ulasan yang bisa kami bagikan mengenai mengatasi rasa takut anak saat ke dokter yang bisa Anda gunakan. Sebenarnya masih banyak solusi lainnya yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi rasa takut tersebut pada anak. Semoga informasi yang kami berikan bisa menjadi solusi terbaik Anda untuk mengatasi rasa takut anak saat ke dokter.

Waw, Ini Dia 3 Tips Mengatasi Rasa Takut Anak Saat Ke Dokter | admin | 4.5
Show Buttons
Hide Buttons