6 Cara Ampuh Mengatasi Anak Yang Kecanduan Gadget

Wednesday, March 22nd, 2017 - Parenting

Sekarang ini banyak orang tua mengeluhkan anaknya kecanduan gadged, kayak tv, hp, tablet dll sehingga banyak orang tua yang mencari cara untuk Mengatasi Anak Yang Kecanduan Gadget. Karena efek kecanduan gadged itu juga berbahaya, namun menjauhkan anak dari gadged juga bukan solusi yang baik, karena sekarang adalah era milenial. Lalu bagaimana cara mengatasi anak yang sudah kecanduan gadged.

Cara Ampuh Mengatasi Anak Yang Kecanduan Gadget

Berikut ini adalah cara ampuh mengatasi anak yang kecanduan gadged :

1. Buat Kontrak Bersama

Orang tua tidak perlu takut untuk memberikan gadged kepada anak, yang harus dilakukan adalah membuat kesepakatan bersama mengenai waktu yang bisa digunakan untuk anak bermain gadget. Begitu juga saat orang tua akan membelikan gadged anak, orang tua terlebih dahulu harus membuat kontrak kesepakatan kepada anak mengenai kapan waktu yang diperbolehkan untuk bermain gadget. Orang tua juga harus menyiapkan permainan lain jika jadwal bermain gadgednya selesai dari waktu yang telah disepakati sehingga anak tidak merasa bosan dan meminta bermain gadget lagi.

2. Adakan Playdate

Orang tua bisa mengajak orang tua lain yang mempunyai anak sebaya untuk merencanakan aktivitas bermain anak secara bersama-sama. Seperti merencanakan bermain di area wisata alam dll. Atau membuat permainan-permainan menarik yang sarat interaksi dan kerjasama. Playdate juga akan mengajarkan anak untuk bersosialisasi dengan teman sebayanya

3. Buat Reward

Trik lain yang dapat dilakukan adalah dengan menjadikan gadged sebagai hadiah/ganjaran atas prilaku baik yang sudah dilakukan anak.

4. Mengajak Anak bermain bersama.

Untuk menghindarkan anak dari kecanduan gadged, salah satu langkah sederhana yang dapat dilakukan orang tua adalah mengajak anak bermain bersama seperti mendongeng, memandikan dan memakaikan baju anak.

5. Kurangi Intensitas Bermain

Menghentikan kebiasaan anak bermain gadged tidak bisa secara langsung, harus dilakukan secara bertahap. Karena melarang anak bermain gadged secara langsung justru akan membuat anak marah dan memberontak. Lebih baik kurangi intensitas penggunaannya secara bertahap.

6. Berikan Contoh

Anak akan selalu mencotoh kebiasaan orang tua, sehingga orang tua juga harus dapat memberikan contoh kepada anak untuk tidak terlalu sering bermain gadged. Oleh karena itu jadilah contoh yang baik untuk anak.

 

Dalam memberikan gadged kepada anak, orang tua harus memberikan batasan lama waktunya anak dapat bermain gadged dalam sehari. Selain itu, orang tua juga harus memperhatikan konten dari setiap permainan atau tayangan harus sesuai dengan usia anak. Kemudian beritahu anak, bahwa itu semua hanya permainan sehingga tidak sepenuhnya diikuti atau dijiwai.

6 Cara Ampuh Mengatasi Anak Yang Kecanduan Gadget | admin | 4.5
Show Buttons
Hide Buttons