Panduan Lengkap Mendidik Anak Perempuan Yang Baik dan Benar

Thursday, July 28th, 2016 - Keluarga, Parenting

Mendidik anak perempuan menjadi anak yang baik, cerdas, shalehah dan kuat adalah pekerjaan yang mulia. Karena Anak perempuan adalah calon ibu, dan madrasah bagi anak-anaknya. maka secara tidak langsung kita sudah menyiapkan tempat belajar bagi generasi berikutnya.

Mendidik anak perempuan memiliki cara yang berbeda dengan mendidik anak laki-laki. Anak perempuan lebih perasa dan lebih sensitif, sehingga membutuhkan kesabaran dan kelembutan yang ekstra. Teladan dari orang tua juga sangat diperlukan agar anak lebih mudah mengikutinya.

Ini juga tidak lepas dari karakter anak yang belajar dari meniru apa yang mereka lihat, dengar dan rasakan. Maka jadilah teladan yang baik agar membentuk anak menjadi lebih baik.

Mendidik Anak Perempuan-

Berikut ini adalah cara mendidik anak perempuan yang baik dan benar

1. Pahami Cara Pandang Anak Perempuan

Anak Perempuan pada umumnya melihat dunia sebagai suatu hubungan, dan mereka akan membuat hubungan timbal balik. Hindari memberikan tekanan berlebihan dan berikan mereka ruang untuk menjadi diri mereka sendiri yang perlu dilakukan orangtua adalah mengarahkan mereka sesuai norma kesopanan dalam berhubungan yang baik.

Anak Perempuan akan mengalami peningkatan harga diri jika mereka mengetahui bahwa dirinya merupakan bagian dari sebuah hubungan. Berikan mereka kesempatan untuk menyampaikan pendapat dan hargailah pendapat mereka, dan ajak mereka untuk mendiskusikan dan merencakan kegiatan mereka bersama sehingga mereka merasa lebih dihargai dalam hubungan tersebut.

2. Jangan membandingkan anak perempuan dengan anak laki-laki

Mendidik anak perempuan memiliki cara yang berbeda dengan mendidik anak laki-laki. Anak perempuan lebih perasa dan lebih sensitif. Melibatkan mereka dalam suatu hubungan akan membuat mereka merasa dipedulikan dan membuat mereka akan menjadi lebih peduli terhadap hubungan tersebut.

Jika anda menemukan kekurangan yang ada dalam diri anak perempuan, anda tidak perlu membanding-bandingkan mereka, apalagi membandingkannya dengan anak laki-laki karena setiap anak tumbuh dengan kelebihannya masing-masing, lebih baik anda gali potensi mereka dan kembangkan agar mereka tumbuh menjadi pribadi yang mandiri dan bermanfaat.

Anak perempuan sepenuhnya berbeda dengan anak laki-laki jadi anda jangan pernah berfikir mereka sama dan setara. Emansipasi hanya sebagai sebuah gerakan modern yang memberikan persamaan, namun tetap ada batasannya. Anak Perempuan akan lebih baik tampil feminim daripada tampil maskulin.

3. Kembangkan Potensi Unggulnya

Setiap anak tumbuh dengan kelebihannya masing-masing, begitu juga anak perempuan. Menggali potensi mereka dan bantu mereka mengembangkan potensi unggul yang mereka miliki. Jika potensi unggul mereka dikembangkan dengan baik maka dapat membuka karir mereka kedepan dan potensi tersebut dapat menjadi sumber penghidupan, sehingga hal ini akan membentuk mereka menjadi pribadi yang lebih mandiri.

4. Sayangi Pasangan Sendiri Sepenuh Hati

Cara yang paling baik dalam mendidik anak adalah memberikan mereka contoh, sehingga dalam mendidik anak sudah selayaknya orang tua menjadi teladan anak. Menyayangi pasangan anda sangat penting untuk mengajarkan anak, saat anak melihat orang tua mereka saling menyayangi, hal ini akan langsung tertanam dalam diri anak. Selain membuat anak lebih menyayangi keluarga juga akan membuat orang tua sebagai tauladan mereka. Anak juga akan lebih menghormati dan menghargai orang tua sehingga akan sulit menolak nasehat yang orang tua berikan kepadanya.

5. Jangan Berbicara Kasar

Anak belajar dengan meniru lingkungan, mereka akan merekam semua yang mereka lihat, dengar dan rasakan. Jadi anda harus berhati-hati saat berucap di depan anak anda. Jangan sampai karena habis kesabaran atau sedang jengkel anda mengucapkan kata-kata kasar didepan anak anda. Karena, itu akan direkam anak jadi secara tidak langsung anda telah mengajarkan kepada anak untuk berkata kasar.

Sebagai orang tua, kita harus lebih sabar apalagi saat mendidik anak perempuan diperlukan kesabaran lebih. Sejengkel apapun anda, semarah apapun anda karena tingkah mereka, anda harus bisa menahan amarah anda dan tetap sabar, karena itu secara otomatis akan ditiru oleh anak anda.

Selain itu, berikut ini adalah Pendidikan pokok yang harus diajarkan kepada anak perempuan

1. Tanamkan keimanan

Mengajarkan anak nilai keimanan harus dilakukan sejak kecil, ini akan menjadi pondasi dasar anak dalam menapaki kehidupan. Ajarkan kepada mereka ilmu Tauhid. Jika orang tua merasa tidak memiliki kemampuan, anda dapat menyekolahkannya ke sekolah agama.

2. Mendidik Ketakwaan

Nilai keimanan yang diajarkan juga harus didukung dengan pengajaran nilai ketakwaan, agar anak lebih mengetahui perilaku-perilaku yang sesuai dengan ajaran agama dan mengetahui perilaku yang dilarang dalam agama.

3. Ajarkan tentang Ikhtilat

Ikhtilat adalah berduaan antara laki-laki dan wanita yang bukan mahramnya di satu tempat. Ajarkan anak untuk tidak melakukan Ikhtilat dan beritahukan kepada mereka bahaya yang akan timbul dari kegiatan tersebut.

4. Menutup Aurat

Ajarkan kepada anak perempuan anda untuk menutup auratnya dengan baik. Dalam hal ini Ibu dapat menjadi tauladan yang baik bagi anak perempuan untuk menutup aurat dengan baik.

5. Mengajarkan untuk Melindungi Tubuhnya

Ajarkan kepada anak bahwa orang lain apalagi orang yang tidak dikenal menyentuhnya. Beritahu mereka batasan-batasan dalam berteman, saat mereka remaja beritahu kepada mereka bahwa ada perilaku yang hanya diperbolehkan saat mereka sudah ada status pernikahan. Selalu tanamkan kepada anak untuk menggunakan pakaian yang sopan demi kebaikan mereka dan menjaga diri mereka agar terhindar dari perilaku negatif.

6. Ajarkan kelembutan

Menanamkan nilai kasih sayang dan kelembutan kepada anak perempuan sangat penting, hal ini berkaitan dengan sifat feminim mereka. Ajarkan mereka sopan santun, dan tutur kata yang baik. Selain itu peran orang tua sebagai teladan juga harus berjalan dengan baik, beritahu mereka untuk bertutur kata lembut dan saling menyayangi.

Baca juga : Pendidikan Moral Anak Sejak Dini Dan Cara Menerapkannya

7. Mendidik kemandiriannya

Ajarkan mereka untuk mandiri, mempersiapkan sendiri segala kebutuhan sehari-hari. Anda harus mampu mengembangkan potensi unggul anak, karena potensi unggul yang dikembangkan dengan baik dapat membuka karir mereka kedepan sehingga dapat menjadi sumber penghidupan mereka.

8. Ajarkan untuk Terbiasa Melakukan Pekerjaan Rumah Tangga

Saat anak perempuan anda mulai tumbuh dewasa, ajarkan kepada mereka untuk dapat mengerjakan tugas rumah tangga. Hal ini akan menyiapkan mereka saat sudah berkeluarga nantinya.

Mendidik anak perempuan adalah tugas orang tua secara bersama, tidak hanya tugas ibu karena mereka sama-sama perempuan, tapi peran ayah juga penting.

cara-mendidik-anak-perempuan

Pentingnya peran Ayah
Keterlibatan aktif seorang ayah dalam mendidik anak juga dapat memberikan manfaat positif bagi anak. Berdasarkan penelitian yang dilakukan selama 20 tahun oleh Dr. Anna Sarkadi dari Uppsala University di Swedia mengungkapkan bahwa keterlibatan Ayah dalam mendidik anak perempuan akan membuat anak menghindari perbuatan negatif dan membuat anak semakin termotivasi untuk mengejar tingkat pendidikan yang lebih baik.

Anak perempuan memiliki ikatan yang istimewa dengan Ayahnya. Anak perempuan akan belajar sikap seorang Pria dari figur Ayahnya. Mereka belajar bagaimana seorang pria memperlakukan Perempuan. Seorang Ayah juga akan memberikan rasa aman bagi anak perempuannya.

Inilah panduan lengkap cara mendidik anak perempuan yang baik dan benar yang dapat anda jadikan acuan dalam mendidik anak perempuan anda agar anak anda menjadi anak yang cerdas, shaleh dan kuat.

Panduan Lengkap Mendidik Anak Perempuan Yang Baik dan Benar | admin | 4.5
Show Buttons
Hide Buttons