Mendidik Anak – ini 5 Langkah Ampuh Menjadikan Anak Sukses Sejak Usia Dini

Monday, March 27th, 2017 - Parenting

Dikutip dari buku memetakan potensi anak sejak usia dini, ayah edi mengungkapkan setidaknya ada 5 langkah yang harus dilakukan oleh orang tua untuk menjadikan anak sukses sejak usia dini. Sebelum masuk pada langkah-langkah meraih sukses, terlebih dahulu perlu dijelaskan makna sukses itu sendiri. Bagi kebanyakan masyarakat menganggap bahwa sukses itu adalah memiliki harta yang banyak atau disebut kaya. Sehingga, orang tua yang berpikiran seperti itu akan mendorong anaknya agar bisa menghasilkan uang sebanyak-banyaknya, karena menganggap kesuksesan akan diraih jika banyak harta.

Baca juga : Meningkatkan IQ Anak

Padahal anggapan itu tidak sepenuhnya benar, karena faktanya banyak orang kaya justru hidupnya malah tidak bahagia. Howard Gardner seorang tokoh Pendidikan dan Psikolog mengungkapkan bahwa banyak orang kaya yang hidupnya tidak bahagia disebabkan karena mereka menjalani profesi yang tidak sesuai dengan potensinya.

Berikut ini adalah Rumus sukses berdasarkan beberapa peniliatan. Menurut orang gagal, sukses adalah Money Money Money Happy, sedangkan rumus sukses dari orang sukses adalah Happines Totality Expertise Money.

Sehingga, defini sukses yang sebenarnya adalah keberhasilan seseorang dalam menggapai kekayaan serta meraih kebahagiaan lahir dan batin. Sukses adalah paket antara kaya dan bahagia secara lahir maupun batin.

Diera pasar bebas seperti sekarang ini, orang tua harus menyiapkan anaknya agar bisa meraih sukses sejak usia dini karena persaingannya kian ketat. Agar anak mampu meraih suksesnya sejak dini, orang tua harus mampu menggali potensi unggul anak, sehingga anak dapat mengembangkan potensinya dengan baik.

Menjadikan Anak Sukses Sejak Usia Dini

Berikut ini adalah 5 Langkah Ampuh Menjadikan Anak Sukses Sejak Usia Dini :

1. Menyusun Program Stimulasi

Perkenalkan anak dengan berbagai jenis profesi yang ada, semakin banyak dan detail profesi yang dikenalkan kepada anak akan membuat anak lebih mudah menentukan minatnya. Untuk memudahkan orang tua memperkenalkan berbagai profesi, orang tua dapat membacakan buku, menonton film, melihat pameran dan lain sebagainya. Lakukan berulang-ulang agar anak mendapatkan info yang cukup tentang jenis profesi yang ada didunia ini.

2. Membuat Daftar Minat

Dari pengamatan sehari-hari, buatlah daftar list kegiatan yang diminati anak. Orang tua bisa membuat 10 list kegiatan yang paling disukai anak. Atau bisa menanyakan kepada anak 10 bidang apa yang disukainya. Kemudian lakukan penilaian 1-10 dari tiap-tiap kesukaannya tersebut.

3. Uji Coba Minat dan Bakat Anak

Dari list minat anak yang telah disusun sebelumnya pilihlah 3 minat yang paling disukai. Tawarkan kepadanya untuk mengikuti kursus. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah minatnya itu merupakan bakat alaminya atau hanya sekedar ikut-ikutan. Jika dalam mengikuti kursus dan selama proses belajar anak anda sangat konsisten, tekun dan mendapatkan kesenangannya berarti itu dapat dijadikan petunjuk dari bakat yang dimilikinya.

Jika anak mengalami hal sebaliknya, seperti jenuh bearti mungkin bukan bakatnya. Lakukam pengujian selama minimal tiga bulan sampai satu tahun, orang tua dapat mengamati dan menilai perkembangannya secara langsung.

4. Penajaman Profesi

Tahapan ini untuk merincikan lagi bakat anak, minat dalam sepak bola bukan berarti hanya sebatas pemain bola tapi coba anda perhatikan lebih rinci apa yang sebenarnya membuat anak benar-benar bahagia dan nyaman. Posisi apa yang paling dia sukai, perhatikan pertanyaan-pertanyaan yang sering mereka lontarkan, karena itu juga dapat dijadikan sebagai petunjuk untuk mengetahui profesi yang tepat untuk bakatnya.

Baca juga : Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak

5. Make A Life Plan

Setelah 4 tahapan sebelumnya sudah anda lakukan, tibalah saatnya untuk membuat perencanaan yang lebih matang. Life Plan berisi tahapan-tahapan yang akan dilakukan untuk mencapai kesuksesan, hal ini penting agar anak menjadi fokus dalam meraih kesuksesannya. Tahapan ini berisi tentang rencana hidup anak seperti pencarian sekolan, jurusan atau kursus apa yang tepat untuk mendukung bakat anak anda. Dan targetkan diusia berapa dia meraih kesuksesannya.
Anda juga tidak perlu panik jika harus pindah jalur, meskipun sudah keluar banyak biaya. Agar anak tidak salah dalam minatnya, orang tua memiliki kewajiban untuk memperkenalkan segala jenis profesi yang ada di dunia ini.
Apapun profesinya jika dilakukan dengan kesungguhan hati pasti akan menghasilkan dan bermanfaat bagi orang lain. Agar anak dapat meraih sukses sejak dini, maka orang tua harus membantu anak menemukan bakatnya.
Agar anak dapat meraih sukses sejak dini, maka orang tua harus membantu anak menemukan dan mengasah bakatnya.

Tahapan Menjadikan Anak Sukses Sejak Usia Dini ini dikutip dari buku Rahasia Ayah Edy Memetakan Potensi Unggul Anak karya Ayah Edi

Mendidik Anak – ini 5 Langkah Ampuh Menjadikan Anak Sukses Sejak Usia Dini | admin | 4.5
Show Buttons
Hide Buttons