Mendidik Anak Menjadi Mandiri Dan Tidak Manja

Wednesday, December 2nd, 2015 - Parenting
Tips-Mendidik-Anak

Tips-Mendidik-Anak

Banyak orang tua yang menyalah artikan rasa sayang terhadap anak. Mereka cenderung menuruti apa yang anak inginkan dan memberikan segala fasilitas yang memudahkan anak. Untuk mendidik Anak menjadi Mandiri dan Tidak Manja orang tua jangan membiasakan Anak tumbuh dengan berbagai kenyamanan dan kemudahan yang diberikan oleh orang tua.

Jika anda sebagai orang tua pernah melakukan hal yang telah diuraikan diatas, maka anda perlu berhati-hati karena anak yang tumbuh dengan berbagai kenyamanan dan kemudahan hanya akan tumbuh menjadi anak yang bergantung pada orang tua, manja dan gampang menyerah. Apa yang telah kita berikan kepada anak sangat berdampak pada tumbuh kembang anak. Oleh karena itu, orang tua harus paham bagaimana xaramendidik Anak menjadi Mandiri agar anak dapat tumbuh menjadi anak yang mandiri, tidak manja, dan bertanggung jawab, berikut adalah tips yang harus dilakukan oleh orang tua agar anak tumbuh menjadi pribadi yang mandiri, tidak manja dan bertanggung jawab.

Mendidik Anak Menjadi Mandiri Dan Tidak Manja

1. Tidak Semua Keinginan anak harus dituruti
Jika anak anda ingin tumbuh dengan kepribadian mandiri dan tidak bergantung pada anda, maka anda harus bisa untuk tidak selalu menuruti keinginan anak. Rasa sayang kepada anak bukan bearti anda harus menuruti apa yang anak inginkan, karena itu hanya akan membuat anak menjadi manja dan bergantung dengan orang tua. Untuk Mendidik Anak menjadi Mandiri dan Tidak Manja anda harus bisa membatasi dan memilah, berikan anak sesuai dengan apa yang mereka butuhkan menurut anda, berikan alasan yang tepat kenapa anda tidak harus menuruti keinginannya, lama-kelamaan anak akan memahami alasan anda. Selain itu, berikan kepercayaan kepada anak untuk membiasakan diri mengerjakan tugas mereka sendiri agar mereka bisa belajar untuk bertanggung jawab.

2. Jangan banyak larangan
Orang tua sering mengambil kesimpulan akhir, sehingga orang tua lebih sering melarang anak untuk melakukan hal-hal yang dianggap salah oleh orang tua. Mereka melarang tanpa memberikan alasan yang jelas kenapa anak dilarang melakukan kegiatan-kegiatan tertentu. Anak tumbuh dengan rasa keingintahuan yang besar, bagi anak dunia ini adalah jutaan keajaiban, sehingga mereka memiliki rasa untuk mengetahui apa yang mereka lihat, mereka dengan dan mereka rasakan. Jika anak sering dilarang tanpa ada alasan jelas yang disampaikan oleh orang tua, maka anak tumbuh dengan penuh rasa penasaran yang memuncak, lama kelamaan anak akan menjadi dendam dan akan melampiaskan dendam itu dengan sikap-sikap negatif yang membuat anak menjadi pelawan orang tua serta suka berbohong. Orang tua tidak boleh terlalu banyak melarang anak, arahkan anak untuk melampiaskan rasa penasarannya, komunikasi dua arah sangat diperlukan, berikan alasan dari larangan terbut dan beritahukan kepada anak tentang resiko yang akan terjadi dan mintalah mereka untuk selalu berhati-hati saat melakukan sesuatu.

3. Latih anak untuk jujur
Hindari untuk berbohong kepada anak, karena anak belajar dari meniru orang tua. Orang tua harus lebih terbuka dengan anak, sehingga anak akan mengikuti orang tua. Orang tua harus bisa menjadi pendengar yang baik baik anak sehingga anak akan terbiasa terbuka dan mengungkapkan apa yang mereka rasakan, sehingga mereka tidak perlu berbohong untuk menutupi perasaan mereka.

4. Hindari hukuman fisik
Mendidik Anak menjadi Mandiri dan Tidak Manja sangat diperlukan kesabaran dan konsistensi, karena anak sedang mencari dan belajar dari apa yang dia alami. Anak adalah pembelajar yang ulung, mereka selalu mencoba mencari cara dan mengambil pengetahuan dari apa yang mereka alami. Tidak menutup kemungkinan, cara-cara yang mereka gunakan adalah cara-cara yang mungkin membuat malu anda sebagai orang tua dan terkadang juga cara-cara yang mereka gunakan sangat menguras emosi dan kesabaran anda. Sebagai orang tua, kita sangat dianjurkan mendidik anak dengan penuh kasih sayang dan menghindari kekerasan fisik untuk menghukum anak. Mengajari anak untuk disiplin dan mengikuti kemauan orang tua, tidak harus menggunakan kekerasan fisik. Karena hukuman fisik selain akan melukai badan anak, juga akan merusak mental anak. Anak yang sering diberi hukuman fisik akan tumbuh menjadi anak pembangkang, kasar dan keras kepala, sehingga hukuman fisik harus dihindari oleh orang tua dalam mendidik anak.

5. Kasih sayang dan perhatian
Kasih sayang dan perhatian orang tua sangat dibutuhkan anak, dengan kasih sayang dan perhatian orang tua, anak akan merasa nyaman dan bahagia. Menemani mereka bermain maupun belajar dan mendengarkan keluh kesah anak akan membuat anak merasa diperhatikan dan disayangi oleh orang tua mereka. Kasih sayang dan perhatian sangat diperlukan dalam proses tumbuh kembang anak.

Anak lahir dengan segala keunikan, didiklah mereka dengan penuh kesabaran, darahkan mereka pada kegiatan yang positif, dan hindari kalimat-kalimat negatif ke anak. Mendidik anak perlu keteladanan dan perlu kesabaran, mudah-mudahan artikel ini dapat bermanfaat bagi anda dalam mendidik anak menjadi pribadi yang mandiri, tidak manja dan penuh tanggung jawab. ***

Mendidik Anak Menjadi Mandiri Dan Tidak Manja | admin | 4.5
Show Buttons
Hide Buttons