Manfaat dongeng bagi perkembangan anak dan Tips Mendongeng Yang Baik

Wednesday, January 13th, 2016 - Parenting
Manfaat dongeng bagi perkembangan anak

Manfaat dongeng bagi perkembangan anak

Manfaat dongeng bagi perkembangan anak

Diera modern seperti sekarang ini, budaya mendongengkan cerita pada anak sudah mulai ditinggalkan oleh kebanyakan orangtua. Dengan kesibukannya sehari-hari seperti bekerja, mengurus rumah tangga menjadikan alasan sebagian orangtua untuk meninggalkan budaya membacakan cerita kepada anak. Padahal banyak sekali manfaat dongeng bagi perkembangan anak.

Membacakan cerita dongeng dapat menghibur anak, Membacakan cerita juga dapat meningkatkan kecerdasan emosional anak dan lebih mengoptimalkan perkembangan psikologis anak. Dengan membacakan langsung dongeng pada anak, hubungan orangtua dan anak akan menjadi lebih dekat.

Selain beberapa manfaat diatas, masih ada lagi manfaat dongeng bagi perkembangan anak sebagaimana uraian berikut ini :

1. Mengembangkan Daya Imajinasi Anak

Masa kanak-kanak merupakan masa dimana anak masih memiliki imajinasi yang baik. Tidak jarang kita melihat anak asik bermain dan ngobrol dengan teman khayalannya. Dengan imajinasi yang baik, membacakan dongeng pada anak merupakan cara terbaik untuk mengarahkan imajinasi anak ke arah yang lebih positif.

2. Meningkatkan Keterampilan Berbahasa

Membacakan cerita dongen pada anak merupakan salah satu stimulasi yang dapat membantu anak mengenali kosa kata dalam berbahasa. Cerita dongeng yang dibacakan pada anak dapat meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak, sehingga anak lebih terampil dalam berbahasa. Dengan membacakan cerita dongeng yang berisi kisah-kisah teladan pada anak dapat membantu mengajarkan anak dalam menggunakan bahasa sera tutur kata yang sopan.

3. Membangkitkan Minat Baca Anak

Membacakan dongeng yang menarik pada anak dapat membuat anak haus pengetahuan, dengan ketertarikan dan rasa penasarannya, membuat keinginan anak membaca semakin meningkat karena anak ingin mencari tahu dan memuaskan rasa penasarannya.

4. Membangun Kecerdasan Emosional Anak

Selain kecerdasan kognitif, kecerdasan emosional juga penting bagi kehidupan sosial anak. Membacakan dongeng pada anak dapat membantu anak mengetahui nilai-nilai moral yang ada di masyarakat. Dengan contoh melalui tokoh yang ada dalam cerita akan meningkatkan kecerdasan emosional anak serta memudahkan anak menyerap

5. Membentuk Rasa Empati Anak

Membacakan dongeng paa anak dapat merangsang rasa empati anak pada lingkungan serta situasi sosial di sekitar mereka. Anak harus memiliki kemampuan sosial yang baik agar mereka mudah diterima di masyarakat nantnya. Membacakan dongeng dengan cerita yang mendidik, akan mengajarkan anak cara berempati dan bersikap baik dengan orang lain.

6. Melatih Daya Ingat Anak

Setelah membacakan dongeng pada anak, anda bisa bertanya tentang isi cerita tersebut, atau memintanya menceritakan kembali. Dongeng yang menyenangkan akan memberikan stimulasi daya ingat anak, sehingga terlatih untuk meningkatkan daya ingat anak.

Tips Mendongeng Yang Baik

Membacakan dongeng pada anak bukanlah hal yang sulit jika anda mau melakukannya. Berikut ini adalah tips yang capat anda gunakan agar menjadi pendongeng yang baik.

  1. Pilihlah buku yang penuh gambar dan berwarna sehingga menarik perhatian anak.
  2. Pilihlah buku yang memiliki cerita dengan pesan moral.
  3. Pahami alur cerita dari buku yang akan anda bacakan, sehingga anda lebih mudah menyampaikan cerita pada anak sesuai dengan bahasa anda.
  4. Gunakan ekspresi saat mendongengkan anak, agar anak anda menjadi semakin antusias mendengarkan cerita anda. Jika perlu atur suara anda sesuai dengan tokoh ataupun karakter yang ada dalam cerita.
  5. Buat interaksi tanya-jawab dengan anak agar anak anda menjadi penasaran dengan kelanjutan ceritanya. Seperti menanyakan “Apa yang terjadi dengan nasib tokoh dalam cerita” atau bisa dengan pertanyaan yang lainnya.
  6. Hindari gangguan TV atau yang dapat memecah fokus anak.

Membacakan dongeng merupakan kegiatan interaktif dua arah yang dilakukan orangtua bersama anak. Luangkan waktu anda 10 sampai 15 menit setiap hari untuk membacakan dongeng pada anak. Membacakan dongeng dapat dilakukan saat menjelang tidur atau saat anak sedang lelah. Lakukan dengan senang hati, supaya anda dapat total dalam menyampaikan cerita pada anak.

Manfaat dongeng bagi perkembangan anak dan Tips Mendongeng Yang Baik | admin | 4.5
Show Buttons
Hide Buttons