Terungkap, Manfaat ASI Untuk Anak Yang Mengejutkan

Tuesday, June 28th, 2016 - Bayi, Berita, Kesehatan

Air susu ibu (ASI) merupakan kebutuhan pokok bayi dan anak yang harus dicukupi, karena ASI mengandung protein, lemak, dan nutrisi penting lainnya yang sesuai dengan kebutuhan bayi dan anak. Selain sebagai sumber asupan nutrisi terbaik bagi bayi, manfaat ASI untuk anak sangat banyak. Salah satunya berdasarkan penelitian terbaru, dengan memberikan ASI juga dapat menurunkan risiko anak kena gangguan perilaku negatif.

Manfaat ASI Untuk Anak

ASI sebagai Anti Biotik

Bayi yang mendapatkan ASI akan memiliki sistem imun yang kuat sehingga bayi dapat menangkal penyakit atau infeksi. ASI masih mengandung zat imunologi yang membantu melindungi anak. Sehingga menyusui bayi dapat membantu mengurangi pemakaian antibiotik. Jika bayi anda mengalami flu biasa, jangan langsung memberinya antibiotik.

Hal ini memang sudah sepatutnya, karena anak-anak di atas 1 tahun pada umumnya terpapar lebih banyak penyakit daripada bayi yang masih kecil. ASI masih mengandung zat pertumbuhan istimewa yang membantu sistem imun menjadi matang, dan juga membantu otak, usus, dan organ-organ lain untuk berkembang dan matang.

ASI juga dapat melindungi bayi yang rentan dari infeksi, serta menyehatkan bagi otak, tekanan darah dan kekuatan tulang. Kini terungkap ASI juga baik bagi jantung bayi yang lahir secara prematur.

Baca juga : Macam-macam Penyakit Yang Sering Diderita Bayi

ASI Menurunkan Perilaku Negatif Anak

Selain itu, baru-baru ini juga terungkap bahwa ASI memiliki pengaruh pada perilaku sosial anak saat dewasa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan Human Science Research Council di Afrika Selatan.

Pemberian ASI selama enam bulan pertama akan memiliki dampak bagi perkembangan sosial anak dan menyehatkan psikis anak.

Baca juga : Jenis Makanan Sehat Untuk Balita

Hasil penelitian tersebut mengungkap bahwa bayi yang mendapatkan ASI selama enam bulan pertamanya berisiko lebih rendah untuk memiliki masalah perilaku ketika mereka tumbuh dewasa.

Memberikan ASI selama enam bulan pertama memiliki pengaruh untuk membentuk perilaku anak menjadi lebih positif.

Pada saat dewasa nanti, anak akan memiliki perkembangan sosial dan kemampuan pengambilan keputusan yang baik. Demikian Manfaat ASI untuk Anak berdasarkan hasil penelitian terbaru yang dikutip dari situs Detik Rabu (22/6/2016). Semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Terungkap, Manfaat ASI Untuk Anak Yang Mengejutkan | admin | 4.5
Show Buttons
Hide Buttons