Mulai Sekarang, Jangan Paksa Anak Untuk Peluk atau Cium Kakek, Nenek

Sunday, July 30th, 2017 - Berita, Parenting

Saat keluarga atau teman anda sedang berkunjung ke rumah anda atau sebaliknya sering kali mereka ingin memeluk atau mencium buah hati kita. Namun terkadang anak kita tidak mau dipeluk dan memilih menjauh. Saat mengalami situasi seperti ini, biasanya kita sebagai orang tua merasa canggung dan tidak enak terhadap keluarga atau teman yang ingin memeluk atau mencium buah hati kita. Sehingga kita menunjukkan otoritas kita sebagai orang tua untuk memaksa anak agar mau memeluk dan mencium mereka. Jika selama ini anda melakukan hal tersebut, mulai sekarang, Jangan Paksa Anak Untuk Peluk atau Cium kakek, nenek, paman, bibi maupun sepupu ataupun orang yang mereka kenal.

Menurut Katia Hetter dalam artikelnya yang dipulbikasikan oleh CNN menjelaskan bahwa, memaksa anak agar mau dipeluk atau dicium oleh orang lain saat mereka tidak ingin dapat membuat anak mudah menjadi korban pelecehan seksual. Karena, kebanyakan pelaku pelecehan seksual adalah orang yang mereka kenal.

Mungkin kita akan menganggap bahwa memaksa anak untuk mencium atau memeluk kakek/nenek tidak ada hubungannya dengan pelecehan seksual. Namun yang menjadi perhatian adalah zona nyaman anak. Jadi, saat kita memaksa anak, itu bearti kita sedang melanggar zona nyaman anak. Sehingga anak akan menjadi mudah menerima siapapun untuk masuk ke dalam kehidupan mereka, meskipun itu tidak nyaman.

Jangan Paksa Anak Untuk Peluk atau Cium kakek, nenek, paman, bibi maupun sepupu ataupun orang yang mereka kenal

Meskipun itu sepele, namun menjadi penting agar anak dapat mengembangkan firasat mereka. Jangan paksa mereka agar mau disentuh atau dicium saat mereka dalam kondisi tidak nyaman.

Ajarkan anak untuk mengatakan kepada orang tua saat ia memiliki perasaan tidak nyaman. Selain itu, ajarkan kepada anak agar mengganti ajakan pelukan atau ciuman dengan bersalaman atau ‘tos’ dengan tangan. Karena cara ini lebih menyenangkan bagi anak.

Jadi Mulai Sekarang, Jangan Paksa Anak Untuk Peluk atau Cium Orang Lain. Mulai sekarang mari belajar agar anak menjadi lebih nyaman dan mampu menjaga dirinya dari perilaku yang tidak baik.

Mulai Sekarang, Jangan Paksa Anak Untuk Peluk atau Cium Kakek, Nenek | admin | 4.5
Show Buttons
Hide Buttons