Anak Tak Bisa Diam, Orang Tua Harus Bersyukur, Begini Faktanya.

Monday, July 31st, 2017 - Berita, Parenting

Memiliki anak tak bisa diam yang aktif dan sering lari kesana kemari memang cukup merepotkan. Tidak jarang jika mereka juga membuat rumah menjadi berantakan. Meskipun membutuhkan kesabaran yang ekstra, memiliki anak yang aktif juga tetap harus disyukuri. Karena dibalik gerakannya yang aktif, anak tersebut memiliki beberapa manfaat, antara lain sebagai berikut.

Manfaat Anak Tak Bisa Diam

1. Lebih Cerdas

Gerakan yang dilakukan anak ternyata berdampak pada perkembangan otak mereka. Gerakan yang aktif dilakukan anak dapat melatih motorik kasar dan halus anak. Selain itu juga dapat membantu anak agar dapat mengontrol postur tubuhnya dengan baik. Namun orang tua tetap harus mendampingi anak, jalin komunikasi yang baik dengan anak. Atur jadwalnya agar kegiatan mereka lebih terarah, sehingga anak juga mampu mengatur dirinya sendiri.

Baca juga : Cara Berkomunikasi yang baik dengan anak

2. Pengetahuannya Luas

Anak yang tidak bisa diam memiliki banyak pengalaman karena dia selalu ingin menjelajahi dunianya. Sehingga dia akan lebih mengetahui dunia luar. Tetap dampingi anak agar mereka mendapatkan banyak pengetahuan dari interaksinya.

3. Lebih Bahagia.

Anak yang tidak bisa diam akan selalu bergerak seperti berlari atau melompat. Kegiatan ini sama dengan olahraga, sehingga dapat meningkatkan serotonin dalam tubuh yang akan berdampak pada perasaan bahagia. Selain itu kegiatan tersebut juga akan menyehatkan tubuh anak, selama orang tua senantiasa menjaga waktu istirahatnya agar kegiatannya tidak berlebihan.

Baca juga : Cara Mendidik Anak ala Kerajaan Inggris yang mudah ditiru

Untuk menghadapi sikap anak yang tidak bisa diam, berikut ini beberapa tips yang dapat dilakukan orang tua.

1. Buat Kegiatan Seru

Arahkan anak pada kegiatan seru seperti menari mengikuti tarian di tv, bermain sepeda, berlari atau memainkan permainan tradisional di halaman rumah.

2. Membantu Orang Tua.

Berikan izin kepada anak untuk membantu orang tua membersihkan rumah, seperti menyapu, merapikan buku, mainan dll.

3. Atur Jadwal

Kenalkan anak pada jadwal kegiatan, seperti waktu bermain memang untuk bermain dan waktu istirahatnya.

4. Ajak ke Taman Bermain

Salah satu cara yang dapat dilakukam orang tua adalah mengajak anak bermain keluar. Misalnya seminggu sekali mengajak mereka ke taman bermain atau mengajak anak berenang ataupun aktivitas lain menyenangkan diluar. Hal ini dilakukan agar anak dapat menyalurkan keaktivan mereka.

Demikian manfaat dari anak yang tidak bisa diam beserta tips menghadapinya. Bagaimanapun anak adalah hadiah yang senantiasa harus kita jaga dan kita didik dengan baik agar tumbuh menjadi manusia yang tangguh, hebat dan bermanfaat.

Anak Tak Bisa Diam, Orang Tua Harus Bersyukur, Begini Faktanya. | admin | 4.5
Show Buttons
Hide Buttons