3 Tips Jitu Memotivasi Bersikap Disiplin Pada Anak

Friday, July 1st, 2016 - Parenting

Memberikan motivasi bersikap disiplin pada anak dimulai sejak dini baik sekali lho bunda. Karena bisa menjadikan masa depan anak cerah. Memang memberikan motivasi agar anak bersikap disiplin tidaklah mudah. Namun jika dilakukan dengan sungguh-sungguh pasti bisa merubah anak menjadi disiplin. Oleh karena itulah jangan mudah menyerah untuk memberikan yang terbaik untuk anak-anak Anda. Termasuk salah satunya memberikan motivasi bersikap disiplin pada anak. Lalu, bagaimana cara memotivasi bersikap disiplin pada anak ini? Untuk lebih jelas informasinya, simak lansiran yang terdapat dibawah ini!

Memotivasi Bersikap Disiplin Pada Anak

Memotivasi Bersikap Disiplin Pada Anak

Ini tips memotivasi bersikap disiplin pada anak

Membuat aturan realistis

Salah satu memotivasi bersikap disiplin pada anak adalah membuat aturan yang realistis atau tidak mengada-ngada. Misalnya ketika liburan sekolah tiba anak tetap disuruh belajar terus setiap hari. Pastinya anak akan merasakan kesulitan melaksanakan peraturan yang dibuat oleh Anda. karena ketika liburan yang dibutuhkan anak adalah refresing bukan belajar lagi. Justru jika Anda menyuruh anak belajar akan membuat ia merasa bosan. Maka dari itu sebelum Anda membuat keputusan sebaiknya diskusikan terlebih dahulu dengannya. Apa saja yang harus dilaksanakan dan konsekuensi jika melanggarnya. Sehingga bisa membuat anak bisa termotivasi bersikap disiplin.

Konsekuensi melanggar peraturan

Setelah membuat aturan yang harus dilaksanakan jangan lupa untuk mencantumkan konsekuensi sehingga bisa memotivasi bersikap displin pada anak. Pasalnya membuat konsekuensi melanggar peraturan ini sangatlah penting. Sebab dengan adanya konsekuensi yang dibuat bisa membuat anak tahu akan kewajibannya. Dan ketika ia melanggar kensekuensi hukuman atas kelalaiannya yang telah disepakati harus dilaksanakan. Dalam memberikan hukuman pada anak bukan menyiksa tetapi hanya memberikan efek jera. Tujuannya agar anak tidak mengulang kembali kesalahannya.

Beri contoh terbaik

Ayah dan bunda, tahukah Anda bahwa memberi contoh yang baik bisa juga memotivasi bersikap disiplin pada anak lho! Karena orangtua ini adalah contoh yang paling sering dilihat dan nyata. Oleh karena itu jika Anda melakukan segala hal berikan contoh yang baik padanya. Sehingga dengan kebiasaan-kebiasaan yang sering Anda lakukan baik bisa memotivasinya untuk bersikap disiplin. Nah, jika Anda ingin anak bersikap disiplin, maka ubahlah kebiasaan Anda terlebih dahulu.

Mungkin beberapa tips memotivasi bersikap disiplin pada anak bisa Anda jadikan panduan. Sebenarnya masih banyak tips-tis lainnya yang bisa Anda gunakan untuk memotivasinya. Semoga informasi yang kami bagikan bisa menjadi solusi terbaik Anda untuk memotivasi bersikap displin pada anak.

3 Tips Jitu Memotivasi Bersikap Disiplin Pada Anak | admin | 4.5
Show Buttons
Hide Buttons